Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Bappebti Menghentikan Akses Situs Perdagangan Berjangka Komoditi yang Tidak Sah

Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal Diblokir oleh Bappebti

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sepanjang tahun 2023 telah memblokir 1.855 situs web yang melakukan kegiatan penawaran di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) ilegal, yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan di bidang PBK. Pemblokiran dilakukan untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian dan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha di bidang PBK.

“Penawaran untuk kegiatan promosi, iklan, dan/atau pelatihan perdagangan berjangka komoditi ilegal masih sering terjadi di Indonesia melalui media sosial, situs web, maupun aplikasi ponsel pintar. Masyarakat diingatkan untuk selalu berhati-hati terhadap penawaran yang berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Plt. Kepala Bappebti Kasan.

Kasan menjelaskan bahwa Bappebti terus melakukan upaya preventif dan represif agar masyarakat terhindar dari penipuan dan kerugian dari kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat juga diharapkan dapat melaporkan kegiatan ilegal di bidang PBK melalui saluran media sosial resmi Bappebti atau langsung ke kantor Bappebti.

“Kolaborasi antara Bappebti dan masyarakat akan membantu dalam memberantas kegiatan ilegal di bidang PBK. Semakin banyak bentuk kolaborasi yang dibangun, semakin optimal upaya pemberantasan aktivitas PBK ilegal,” jelas Kasan.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, Aldison, menekankan bahwa setiap entitas yang berkegiatan di bidang PBK di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan mematuhi peraturan yang berlaku.

“Entitas ilegal yang hendak beroperasi di Indonesia harus mengajukan izin kepada Bappebti. Jika ditemukan kegiatan PBK tanpa izin, Bappebti akan mengambil langkah hukum sesuai peraturan yang berlaku,” tegas Aldison.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang diblokir oleh Bappebti dapat diaktifkan kembali jika pemilik situs tersebut berkomitmen untuk mengurus perizinan ke Bappebti. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan agar entitas ilegal patuh pada peraturan di bidang PBK dan menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat.

“Selalu pastikan legalitas perusahaan sebelum melakukan transaksi. Jangan tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tidak wajar. Periksa profil dan legalitas pelaku usaha di bidang PBK melalui situs web resmi Bappebti di https://ceklegalitas.bappebti.go.id/,” tukas Aldison.(*)

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1829956/bappebti-blokir-1-855-situs-internet-entitas-perdagangan-berjangka-komoditi-ilegal

Source link

Exit mobile version