Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

BNPB Menepis Isu Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Jika Gunung Ruang Kembali Meletus

BNPB membantah kabar yang menyebut Pulau Tagulandang akan tenggelam jika Gunung Ruang kembali meletus dalam skala yang lebih besar, Sabtu (4/5/2024). Foto/PVMBG

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menepis kabar yang menyebut Pulau Tagulandang akan tenggelam. Kabar ini muncul jika Gunung Ruang kembali meletus dalam skala yang lebih besar.

Hal ini disampaikan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengunjungi posko pengungsian warga di Pulau Siau, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sabtu (4/5/2024).

Saat berkunjung, ada seorang warga yang melaporkan kepada Kepala BNPB mengenai kabar yang beredar, bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam karena tsunami akibat erupsi Gunungapi Ruang yang diprediksi kembali meletus dalam skala yang lebih besar.

Setelah mendengar laporan tersebut, Suharyanto menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan masyarakat jangan mudah terpengaruh oleh berita hoaks.

“Itu tidak benar. Berita bohong. PVMBG sudah mengeluarkan informasi terkait hal tersebut. Bahwa Pulau Tagulandang tidak akan tenggelam,” ungkap Suharyanto

Oleh karena itu, Suharyanto mengingatkan masyarakat untuk hanya memperoleh informasi dari lembaga yang berwenang seperti PVMBG, BNPB, BMKG, BPBD, TNI, Polri, dan lainnya.

“Saya harap kita semua selalu memperoleh informasi hanya dari lembaga yang berwenang,” katanya.

(maf)

Exit mobile version