Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Profil Irjen Pol Djoko Poerwanto, Calon Pimpinan KPK yang Berlatar Belakang Akpol 1989

Profil Irjen Pol Djoko Poerwanto dibahas dalam artikel ini. Jenderal bintang dua Polri ini merupakan salah satu dari 20 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2024-2029 yang telah lulus asesmen. Mereka, termasuk Djoko, telah menjalani tes wawancara yang diselenggarakan oleh panitia seleksi pada tanggal 17 September 2024 hingga 20 September 2024. Setiap peserta calon pimpinan KPK menjalani proses wawancara selama 40 menit. Masing-masing ditanyai tentang visi, misi, dan beberapa aspek terkait pemberantasan korupsi. Independensi dan integritas setiap peserta juga diuji oleh panitia.

Djoko Poerwanto lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, pada tanggal 7 November 1967, dan saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Djoko adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1989 dan memiliki pengalaman dalam bidang reserse.

Karier polisinya dimulai sebagai Pamapta Polres Bekasi, kemudian menjabat di berbagai posisi di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jambi, Kerinci, dan Nusa Tenggara Barat. Djoko pernah ditugaskan di KPK sebagai Pamen Bareskrim Polri pada tahun 2012. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wadirtipidkor Bareskrim Polri pada tahun 2018 dan sebagai Dirtipidkor Bareskrim Polri pada tahun 2019.

Ini adalah sebagian dari profil Irjen Pol Djoko Poerwanto, calon pimpinan KPK.

Exit mobile version