Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Golkar Mendominasi Pemilihan pada 6 Provinsi

Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar Yanti Airlangga bersama ribuan ibu kader dan simpatisan Partai Golkar melakukan senam Geulis Gemoy di Parkiran Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (19/1/2024). Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan rekapitulasi suara secara bertahap di tingkat nasional dalam Pemilu 2024. Pada hari ke-17, KPU telah menyelesaikan pengesahan hasil suara dari 6 provinsi, yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB), Jambi, Aceh, Papua Selatan, Sumatera Utara, dan Maluku Utara.

KPU memiliki waktu 35 hari setelah hari pemungutan suara untuk mengumumkan hasil Pemilu 2024. Artinya, rekapitulasi suara harus selesai sebelum tanggal 20 Maret.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada 31 provinsi yang telah menyelesaikan pengesahan hasil suara Pemilu 2024. Mereka juga menargetkan agar rekapitulasi dapat selesai sebelum tanggal 20 Maret 2024.

Meskipun rekapitulasi suara di tingkat nasional telah selesai sebelum tanggal 20 Maret 2024, pengumuman hasil Pemilu memerlukan rapat pleno lanjutan.

Partai Golkar menempati posisi pertama dalam rekapitulasi pada hari ke-17 dibandingkan dengan partai politik lainnya. Partai yang didominasi warna kuning tersebut berhasil mengumpulkan 3.091.513 suara dari 6 provinsi yang telah disahkan.

Dari keenam provinsi tersebut, terdapat tiga daerah pemilihan di Sumatera Utara, dua daerah pemilihan di Aceh dan NTB. Sementara itu, Jambi, Papua Selatan, Sumatera Utara, dan Maluku Utara hanya memiliki satu daerah pemilihan.

Berikut total suara partai secara keseluruhan dari keenam provinsi tersebut:

Exit mobile version