Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

3 Panglima Kodam yang Belum Genap 1 Bulan Menjabat, Paling Senior Dulu sebagai Perisai Hidup Jokowi

3 Panglima Kodam yang Belum Genap 1 Bulan Menjabat, Paling Senior Dulu sebagai Perisai Hidup Jokowi

loading…

Mayjen TNI Rafael Granada Baay adalah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya. Foto/TNI AD

JAKARTA – Ada beberapa nama Panglima Kodam yang baru saja menjabat kurang dari sebulan. Beberapa di antaranya baru saja ditunjuk dalam mutasi TNI pertengahan Desember 2023.

Saat ini, terdapat sekitar 15 Komando Daerah Militer (Kodam) yang tersebar di wilayah Indonesia. Setiap satu di antaranya dipimpin oleh seorang panglima yang biasa dikenal dengan Pangdam (Panglima Kodam).

Setelah melihat nama-namanya, ada beberapa di antaranya yang diketahui baru menjabat belum lama. Siapa saja mereka?

Panglima Kodam Belum Genap Sebulan Menjabat

1. Mayjen TNI Rafael Granada Baay – Pangdam V/Brawijaya

Mayjen TNI Rafael Granada Baay adalah salah satu perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Panglima Kodam V/Brawijaya belum lama dipegang oleh Rafael. Jabatan tersebut diberikannya pada akhir November 2023 ketika ia menggantikan Mayjen TNI Farid Makruf.

Melihat riwayatnya, Rafael lulus dari Akademi Militer (Akmil) 1993. Tentara kelahiran Maluku, 25 Juni 1971 ini sebelumnya menjabat sebagai Komandan Paspampres sebelum ditunjuk sebagai Pangdam V/Brawijaya.

Di dalam karir militernya, Rafael juga pernah menempati beberapa posisi strategis lainnya. Antara lain, sebagai Danrem 074/Warastratama (2019-2020), Aspotwil Kaskogabwilhan I (2019-2021), dan Direktur H Bais TNI (2021-2023).

2. Mayjen TNI Tandyo Budi Revita – Pangdam IV/Diponegoro

Selanjutnya, ada nama Mayjen TNI Tandyo Budi Revita. Ia baru saja ditunjuk sebagai Panglima Kodam IV/Diponegoro beberapa waktu lalu.

Sebelum menjadi Pangdam IV/Diponegoro, Tandyo menggantikan posisi Mayjen TNI Widi Prasetijono. Sebelumnya, Tandyo menjabat sebagai Kabadiklat Kemhan sejak tahun 2021.

Melihat riwayatnya, Tandyo lulus dari Akademi Militer (Akmil) 1991. Tentara kelahiran Surakarta, 21 Februari 1969 ini memiliki pengalaman dalam bidang Infanteri (Kopassus).

Dalam perjalanan kariernya, Tandyo pernah menempati berbagai posisi strategis, antara lain Paban III/Latga Sops TNI (2018), Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan (2018-2019), Dirrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan (2019-2021), dan Kabadikltat Kemhan (2021-2023).

3. Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun – Pangdam XIV/Hasanuddin

Kemudian, ada juga Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun. Sama seperti Mayjen Tandyo Budi, ia juga baru saja ditunjuk sebagai Panglima Kodam pada mutasi TNI pertengahan Desember 2023.

Exit mobile version