Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Undecided Voters Tetap Tinggi, IPO: Dominasi Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Belum Terlihat

Fenomena pemilih yang belum menentukan sikap (undecided voters) terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden masih cukup tinggi dua bulan menjelang Pemilihan Presiden 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024. Hal ini berdasarkan temuan dari lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada bulan November 2023.

“Survei IPO pada 10-17 November lalu menemukan bahwa terdapat sekitar 29 persen pemilih yang belum memutuskan pilihannya, ini merupakan angka yang cukup besar,” ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah.

Dengan tingginya jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan, Dedi menegaskan bahwa tidak ada jaminan bagi pasangan calon tertentu untuk memenangkan pemilihan tersebut.

Dedi juga menjelaskan bahwa ada beberapa alasan yang menyebabkan tingginya angka pemilih yang belum menentukan pilihan dalam survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga. Salah satunya adalah karena masyarakat belum sepenuhnya mendengarkan gagasan dan rencana dari masing-masing pasangan calon.

Selain itu, Dedi juga menyebutkan bahwa komposisi dari pasangan calon tersebut juga mempengaruhi tingginya angka pemilih yang belum menentukan pilihan. Misalnya, ada ketidakpastian terhadap elektabilitas Anies Baswedan dan Muhaimin, Ganjar dan Mahfud MD, serta Prabowo yang terbebani dengan Gibran.

Hasil survei terbaru dari Litbang Kompas juga menemukan peningkatan jumlah pemilih yang bimbang, dengan angka mencapai 28,7 persen.

Dengan tingginya angka pemilih yang belum menentukan pilihan ini, pasangan capres-cawapres bisa saja membutuhkan strategi yang kuat untuk dapat memenangkan pemilihan presiden nanti.

Exit mobile version