Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Beberapa Daerah Terkena Hujan Sedang hingga Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk satu minggu ke depan, mulai dari tanggal 3 hingga 9 November 2023. Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator yang diprakirakan aktif di wilayah Aceh, Maluku, dan Papua dalam satu minggu ke depan. Gelombang atmosfer Kelvin juga terlihat di wilayah Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

BMKG menyatakan bahwa faktor-faktor ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut. Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi siklonik di Selat Malaka, Laut Natuna, dan perairan utara Papua yang menyebabkan bertemu atau melambatnya kecepatan angin (konvergensi).

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi tersebut. Prediksi kondisi global, regional, dan model probabilistik BMKG menunjukkan bahwa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ada di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan dampak lainnya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan.

Berikut adalah wilayah-wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dalam satu minggu ke depan, mulai dari tanggal 3 hingga 9 November 2023:

– 3-4 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

– 5-6 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

– 7-9 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.

Exit mobile version