Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

KIPP Meminta KPU untuk Lebih Transparan

Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta, mengkritik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di bawah kepemimpinan Hasyim Asy’ari karena kurang terbuka dalam menyampaikan informasi. Dia menyatakan bahwa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kesulitan mendapatkan informasi, sehingga tujuh anggota KPU akhirnya dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Kaka Suminta menyampaikan pendapatnya dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Jakarta Journalist Center, dengan tema “Menyoal Pemilu 2024 yang Damai dan Aman” di DKI Jakarta pada Selasa (24/10/2023). Dia menegaskan bahwa KPU yang tidak transparan dan tidak informatif membuat Bawaslu kesulitan mengawasi tahapan Pemilu 2024. Dia juga menyayangkan bahwa masyarakat dan pengamat pemilu tidak mendapatkan informasi yang tepat dan akurat mengenai tahapan Pemilu 2024.

Kekurangan transparansi ini menimbulkan kecurigaan dan laporan adanya dugaan pelanggaran dan penyalahgunaan penyelenggara pemilu. Kaka Suminta berharap agar KPU menjadi lebih terbuka dan informatif demi memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan adil.

Exit mobile version