Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Hindari Optimisme Berlebihan terhadap Putusan Majelis Kehormatan MK

Hindari Optimisme Berlebihan terhadap Putusan Majelis Kehormatan MK

loading…

Cawapres Mahfud MD mengimbau semua pihak untuk tidak memiliki keyakinan penuh terhadap pembentukan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Foto: Dok MPI

JAKARTA – Calon Wakil Presiden Mahfud MD meminta kepada semua pihak untuk tidak memiliki keyakinan penuh terhadap pembentukan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Pembentukan MKMK adalah akibat dari banyaknya laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran kode etik hakim konstitusi.

“Jangan terlalu optimis juga (atas putusan MKMK),” ujar Mahfud dalam meet and greet Ganjar-Mahfud dengan Gen Z di Melawai, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan alasan mengapa semua pihak tidak perlu memiliki keyakinan penuh terhadap keputusan MKMK. Alasannya adalah pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu.

“Terkadang majelis pengadil itu bisa dibeli atau direkayasa. Kamu yang jadi, kamu yang jadi,” ungkapnya.

Menurut Menko Polhukam ini, keputusan semacam itu dapat terjadi jika lingkungan hukum dan penegakan hukum masih seperti saat ini. Yang terpenting, keputusan Mahkamah Konstitusi terkait batas usia minimal calon presiden-wakil presiden pada pilpres kemarin yang menimbulkan pro-kontra di masyarakat menjadi pelajaran untuk masa depan. “Ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar ke depan hal semacam ini tidak terjadi lagi,” tambahnya.

(jon)

Exit mobile version