Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Presiden Jokowi Melantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Negara

Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah 906 calon perwira remaja (capaja) dari matra TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2024). Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan pelantikan perwira Polri 2024.

Pelantikan 906 capaja didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Presiden membacakan sumpah perwira TNI dan Polri.

“Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga,” ucap Jokowi diikuti perwira TNI.

“Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya,” tegas Jokowi diikuti perwira Polri.

“Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya,” tegas Jokowi diikuti perwira Polri.

“Sebanyak 906 Capaja yang dilantik Jokowi, terdiri atas 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL), 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Dalam acara tersebut, turut dibacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, Akademi Militer (Akmil) Letnan Dua Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna, Akademi Angkatan Laut (AAL) Letnan Dua Pelaut Mochamad Irvan Sugianto, Akademi Angkatan Udara (AAU) Letnan Dua Penerbang Jofanka Hendhico Arintio, Akademi Kepolisian (Akpol) Inspektur Polisi Dua Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2024 adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.