Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Profil Setyo Budiyanto, Mantan Penyidik KPK yang Dipromosikan Menjadi Komjen Polisi pada Tahun 2024

Komjen Pol Setyo Budiyanto saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Pertanian (Kementan). Foto/istimewa

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di institusi Polri. Salah satu perwira tinggi (Pati) Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat karena menduduki jabatan baru di awal 2024 adalah Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Irjen Pol Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Itwasum Polri telah dipromosikan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Dengan jabatan barunya tersebut, pangkat Setyo Budiyanto naik satu tingkat dari sebelumnya menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Pol.

Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Surat Telegram Nomor: STR/817/III/KEP./2024 tentang Kenaikan Pangkat Reguler Pati Polri dan Nomor: STR/818/III/KEP./2024 tentang Kenaikan Pangkat Pengabdian Pati Polri.

“Hari ini, Rabu, 27 Maret 2024, dilaksanakan pelantikan kenaikan pangkat Pati Polri,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, seperti dilansir oleh SINDOnews, Kamis (9/5/2024).

Menilik ke belakang, Jenderal Polisi kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 29 Juni 1967 ini merupakan Pati Polri yang memiliki karier cemerlang. Dia lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1989 dan berpengalaman di bidang reserse. Setyo Budiyanto mengawali kariernya sebagai Kanit Harda Sat Serse Poltabes Ujung Pandang, kemudian menjabat sebagai Kasat Serse Polres Jeneponto, Kasubbag Opsnal Bagian Sersetik, dan Kapolsekta Wajo Poltabes Ujung Pandang.

Lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 1999 ini kemudian dipercaya menjadi Kabag Serse Ekonomi di Polda Lampung, Kabag Serse Narkoba di Polda Lampung, Wakapolres Lampung Utara, Kabag Ops Poltabes Bandar Lampung.

Selain itu, alumni Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim) tahun 2007 ini juga menjabat sebagai Kapusdalops di Polda Lampung, Kabag Strabang Biro Rena di Polda Lampung, dan Kasat Tipikor Ditreskrim di Polda Lampung.

Setelah bertugas di Polda Lampung, ia kemudian dipindahkan ke Polda Papua sebagai Kasat Tipikor, kemudian menjabat sebagai Kapolres Teluk Wandawa dan Kapolres Biak Numfor pada tahun 2009. Kariernya terus meningkat di Korps Bhayangkara, ia kemudian diangkat menjadi Wadirreskrim di Polda Papua hingga Direktur Reserse Kriminal Khusus di Polda Papua.