Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Rieke Diah Pitaloka Mendorong Pengakuan PPNSB sebagai Warisan Kolektif Bangsa

Duta Arsip Nasional Rieke Diah Pitaloka mendorong penetapan arsip Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) sebagai memori kolektif bangsa. Sebagai contoh, dia merujuk pada momentum Hari Ibu yang memperingati Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 dan peran perempuan dalam perjuangan kemerdekaan.

“Dari arsip Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana, kita memiliki memori, perempuan terlibat aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang,” kata Rieke saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Ibu di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Dalam pidato yang berjudul “Perempuan dan Strategi Pembangunan”, Rieke berharap bahwa memori dalam PPNSB dapat memberikan energi positif bagi perjalanan bangsa, dan membawa Indonesia kembali pada amanah konstitusi dalam memperjuangkan kebijakan pembangunan di segala bidang.

Rieke juga mengajak kaum perempuan untuk hidup dan menghidupi ruang publik dan politik bersama kaum laki-laki, dengan tujuan memperjuangkan Indonesia yang adil dan makmur.

Dia juga mengucapkan selamat atas penetapan arsip PPNSB sebagai Memori Kolektif Bangsa dan memperingati Hari Ibu bagi seluruh perempuan Indonesia. Sebelumnya, Rieke telah menginisiasi penetapan arsip PPNSB sebagai Memori Kolektif Bangsa dan mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang telah memberikan dukungan dalam usahanya.