Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Prabowo dan Kedepan ASEAN

Prabowo dan Kedepan ASEAN

Pada akhir pekan awal September 2024 lalu, antara tanggal 5-7, adalah hari-hari yang melelahkan bagi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Selama tiga hari, ia melakukan kunjungan ke empat negara sahabat di Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, dan Malaysia.

Selain itu, Prabowo juga terbang ke Bangkok, Thailand untuk bertemu dengan Thaksin Shinawatra dan putrinya Paetongtarn Shinawatra yang baru saja diangkat sebagai perdana menteri Thailand. Seminggu kemudian, pada Jumat (13/9), Prabowo melanjutkan lawatan ke Vietnam dan kemudian Filipina pada pekan berikutnya.

Kunjungan berturut-turut yang dilakukan Prabowo ke negara-negara di Asia Tenggara tersebut dilakukan dalam rangka mempererat hubungan bilateral dan kerja sama pertahanan yang sudah terjalin erat. Sebagai presiden terpilih dalam Pilpres 2024, Prabowo ingin meneguhkan persahabatan antara negara-negara anggota ASEAN dan menjadikan kerja sama dengan negara tetangga sebagai prioritas utama, khususnya di bidang pertahanan.

Semangat ini tercermin dalam substansi pembicaraan dan suasana pertemuan antara Prabowo dan para pemimpin negara yang ia kunjungi. Seperti pertemuan dengan Sultan Brunei, Yang Maha Mulia Seri Sultan Haji Hassanal Bolkiah, di Istana Nurul Iman Bandar Seri Begawan, di mana keduanya membahas isu-isu strategis untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama pertahanan.

Prabowo juga melakukan pertemuan dengan Presiden Laos Thongloun Sisoulith di Laos dan PM Laos Sonexay Siphandone. Mereka membahas berbagai topik penting terkait kerja sama bilateral dan pertahanan, dengan Prabowo menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara demi stabilitas dan keamanan regional di ASEAN.

Di Kamboja, Prabowo bertemu dengan PM Kamboja HE Mr Samdech Moha Borvor Thipadei Hun Manet dan Presiden Senat Kamboja HE Mr Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen. Dengan keduanya, Prabowo mengajak Kamboja untuk memperkuat kolaborasi demi kesejahteraan dan pembangunan ASEAN secara keseluruhan.

Selain itu, Prabowo juga bersilaturahmi dengan mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra di Bangkok. Di momen tersebut, Thaksin didampingi putrinya, Paetongtarn Shinawatra.