Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Pertemuan Paus Fransiskus dengan Para Pemimpin Agama di Masjid Istiqlal pada 5 September

Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, akan mengunjungi Indonesia dari tanggal 3 hingga 6 September 2024. Salah satu agenda pentingnya adalah kunjungan ke Masjid Istiqlal pada tanggal 5 September 2024.

Juru Bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, menyatakan bahwa Paus Fransiskus akan tiba di Masjid Istiqlal pada pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Kehadiran beliau akan disambut dengan tarian anak-anak madrasah dan Istiqlal akan menyediakan tenda di depan Al Fattah yang berhadapan dengan Katedral. Selain itu, Paus Fransiskus akan memberikan sambutan, diikuti dengan pembacaan deklarasi kemanusiaan, sesi foto bersama, dan pemberian cenderamata.

Ada sekitar 350 orang yang diharapkan hadir dalam acara tersebut, termasuk para pemimpin dari berbagai agama dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Meskipun semula dijadwalkan untuk berkeliling Masjid Istiqlal dan terowongan silahturahmi, namun dikarenakan kondisi kesehatan beliau yang memakai kursi roda, Paus Fransiskus akan fokus menjalani pertemuan antarpemimpin agama di Masjid Istiqlal.

Rencananya, pertemuan tersebut akan melibatkan pemimpin agama dari berbagai komunitas keagamaan, termasuk Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, Muhammadiyah, dan lainnya. Menteri Agama juga diundang untuk ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal sebagai bagian dari pertemuan pemimpin-pemimpin agama yang diadakan dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.