Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Polri Berkolaborasi dengan BSSN untuk Menyelidiki Gangguan Server Pusat Data Nasional Kemenkominfo

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sedang mengumpulkan informasi terkait masalah yang terjadi di Pusat Data Nasional Kementerian Kominfo. Polri menggandeng BSSN untuk mempelajari masalah tersebut.

Server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengalami masalah sejak pekan lalu. Polri bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mendalami masalah tersebut.

“Kita sedang mengumpulkan informasi. Sedang kita dalami. Bekerja sama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Sebelumnya, Sigit juga menegaskan bahwa jika ditemukan tindak pidana dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis 20 Juni 2024, kepolisian akan memprosesnya.

“Dalam hal ditemukan adanya pidana, kepolisian akan memprosesnya. Kami biasa bekerja sama dengan teman-teman yang ahli di bidang siber,” kata Sigit di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga mengumumkan bahwa Server PDN mengalami gangguan. Hal ini menyebabkan layanan keimigrasian mengalami kendala.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengakui bahwa hingga saat ini gangguan di PDN belum sepenuhnya pulih. Upaya pemulihan terus dilakukan bersama BSSN, Polri, PT Telkom, dan mitra penyelenggara lainnya.

Gangguan pada Pusat Data Nasional menyebabkan layanan publik menjadi kurang optimal. Meskipun demikian, beberapa layanan keimigrasian mulai pulih, seperti sistem autogate dan counter petugas imigrasi.

Kemenkominfo terus berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dan cepat demi kepentingan masyarakat luas.

Exit mobile version