Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Menko Muhadjir Menyatakan Penanganan Mudik Lebaran Tahun 2024 Berjalan Lancar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan penanganan arus mudik Lebaran 2024 berjalan lancar. Menurut Muhadjir, semua skema yang disiapkan pemerintah berhasil dalam mengatasi lonjakan pemudik yang besar selama musim mudik Lebaran 2024.

“Berdasarkan evaluasi, penanganan mudik tahun ini bisa dikatakan lancar,” kata Muhadjir setelah menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2024 di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (11/4/2024).

Muhadjir mengungkapkan bahwa penurunan kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu indikator keberhasilan penanganan tersebut. “Ini merupakan indikator utama kami, sesuai dengan tema ‘Mudik Ceria Penuh Makna’ tahun ini. Target idealnya adalah zero accident. Semakin mendekati nol, semakin baik,” ujarnya.

Meskipun demikian, Muhadjir mengingatkan semua pihak untuk mempersiapkan penanganan arus balik Lebaran 2024 dengan lebih baik. Menurutnya, arus balik akan menjadi lebih menantang daripada arus mudik karena akan ada peningkatan signifikan masyarakat yang akan masuk ke wilayah Jakarta dan sekitarnya dari Jawa Tengah dan Timur.

Muhadjir menekankan perlunya strategi khusus dalam penanganan arus balik, termasuk peningkatan layanan di jalan tol serta penerapan skema arus lalu lintas untuk mencegah kemacetan dan penumpukan kendaraan.

“Kemungkinan masyarakat akan meningkat saat arus balik. Kita harapkan mereka yang pulang tidak mengalami hambatan saat memasuki wilayah Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Muhadjir juga mengajak masyarakat untuk patuh pada peraturan lalu lintas dan imbauan yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri, Kemenhub, dan penyedia jasa layanan jalan tol.

“Kepada para pemudik, saya mohon kesadarannya agar patuh pada kedisiplinan, supaya mereka yang kembali bekerja di Jakarta dan sekitarnya dapat dilayani dengan baik oleh Korlantas, Kemenhub, Kementerian PUPR, dan instansi lainnya,” tambahnya.