Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Jejeran Alumni Kopassus Berpangkat Letnan Jenderal TNI, Panglima Komando Strategis Daerah hingga Panglima Komando Gabungan Wilayah III

Jejeran Alumni Kopassus Berpangkat Letnan Jenderal TNI, Panglima Komando Strategis Daerah hingga Panglima Komando Gabungan Wilayah III

Loading…

Kopassus selalu menghasilkan prajurit-prajurit hebat dengan karier militer yang cemerlang dan saat ini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Foto/istimewa.

JAKARTA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selalu lahirkan prajurit-prajurit hebat dengan karier militer cemerlang. Mereka saat ini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI dan menduduki sejumlah posisi strategis di tubuh TNI.

Para perwira tinggi (Pati) TNI ini memiliki peluang besar untuk menjadi orang nomor satu di matra Angkatan Darat (AD) bahkan mencapai puncak karier militer mereka sebagai Panglima TNI.

Berikut ini deretan jenderal Kopassus berpangkat Letjen TNI:

1. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

I Nyoman Cantiasa adalah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang berasal dari Kopassus dan saat ini berpangkat Letnan Jenderal TNI. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN).

Lahir di Buleleng, Bali, 26 Juni 1967, I Nyoman Cantiasa lulusan Akmil 1990 dari cabang Infanteri Kopassus. I Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik dan meraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Cantiasa juga pernah menempati posisi penting lain sebelum menjadi Waka BIN. Di antaranya sebagai Danjen Kopassus pada 2019-2020, kemudian Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III hingga Koorsahli KSAD.

Deretan Jebolan Kopassus Penyandang Pangkat Letjen TNI, Pangkostrad hingga Pangkogabwilhan III

2. Letjen TNI Eko Margiono

Eko Margiono juga merupakan jebolan Kopassus yang sekarang berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Saat ini, Eko Margiono menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari cabang infanteri Kopassus, Eko Margiono memiliki pengalaman di medan operasi termasuk di Operasi Seroja di Timor-Timur (Timtim) yang sekarang menjadi Timor Leste, serta di Papua dan Aceh. Selain itu, dia juga pernah ditugaskan ke berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika.

Jenderal Kopassus yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, 12 Mei 1967 ini dikenal sebagai seorang Jenderal TNI yang memiliki karier cemerlang. Dia pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Pangdam Jaya, Pangkostrad, Kasum TNI, Dankodiklat sebelum akhirnya menjadi Wakil Gubernur Lemhannas.

Deretan Jebolan Kopassus Penyandang Pangkat Letjen TNI, Pangkostrad hingga Pangkogabwilhan III

3. Letjen TNI Bambang IsmawanBambang Ismawan adalah salah satu lulusan Korps Baret Merah Kopassus yang kini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Saat ini, lulusan Akmil 1988 dari cabang Infanteri Kopassus ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Jabatan strategis ini diemban oleh pria yang lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 1 Agustus 1966 sejak 16 Januari 2023. Sebelum menjadi Kasum, Bambang Ismawan telah menjalani karier panjang dalam bidang militer.