Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Polri Dianggap Mampu Mewujudkan Visi Presisi Melalui Catatan Akhir Tahun 2023

Visi Presisi Polri yang ditekan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ketika pertama kali menjabat bukanlah sekadar slogan belaka, Kamis (28/12/2023). Dengan kerjasama seluruh jajaran Polri, visi tersebut berhasil diwujudkan.

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengapresiasi kinerja Polri pada tahun 2023. Menurut Ngasiman, keberhasilan kepolisian ini tidak lepas dari kepemimpinan yang kuat dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang jelas dan lugas.

Dia menyatakan bahwa kejelian Kapolri dalam menempatkan orang secara proporsional merupakan salah satu kunci keberhasilan Polri Presisi 2023.

Menurut Ngasiman, pencapaian Polri Presisi 2023 ini sangat signifikan. Dalam catatannya, penanganan kasus dan pengungkapan aset dari kejahatan penyalahgunaan narkoba, perjudian, dan kriminalitas terhadap perempuan dan anak mampu menjawab keresahan masyarakat saat ini.

Pasalnya, tiga jenis kejahatan tersebut berdampak langsung terhadap generasi muda. Ketiga kejahatan ini fundamental dalam merusak generasi bangsa, sehingga langkah Polri untuk memprioritaskan penanganannya pada ketiganya dianggap tepat.

Di sisi pelayanan masyarakat, Polri dinilai cukup maksimal, terutama terkait perjalanan dan kendaraan. Penggunaan teknologi ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement/tilang elektronik) bukan semata-mata untuk mengikuti tren, tetapi ada target dan tujuan yang ingin dicapai, yaitu penurunan angka kecelakaan di jalan raya.

Bagi Ngasiman, upaya ini cukup strategis dan efektif mengontrol perilaku ketertiban masyarakat di jalan raya sehingga tingkat kecelakaan dilaporkan mengalami penurunan tahun ini.