Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Jokowi Akan Membahas isu Polemik Pengungsi Rohingya dengan Pemimpin Negara ASEAN di Jepang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas nasib pengungsi Rohingya dengan para pemimpin negara-negara ASEAN. Hal ini akan dilakukan ketika Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jepang.

“Ya saya kira sangat relevan untuk dibicarakan,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2023).

Menurut Jokowi, permasalahan Rohingya bukan hanya masalah bagi ASEAN saja tetapi juga bagi negara-negara yang menerima para pengungsi tersebut.

“Karena ini juga bukan hanya masalah dunia, bukan hanya masalah ASEAN tetapi juga masalah negara-negara yang menerima para pengungsi,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada pagi hari Sabtu (16/12/2023). Beliau terbang ke Jepang melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Hari ini saya bersama-sama dengan rombongan terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Jepang merupakan mitra penting, merupakan mitra strategis bagi Indonesia. Dan Jepang juga mitra penting, mitra strategis bagi ASEAN,” kata Jokowi dalam keterangannya.

Ketika di Tokyo, Jepang, Jokowi akan menghadiri tiga acara penting. Salah satunya adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

“Tiga acara utama di Tokyo yaitu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida, kemudian bersama dengan PM Kishida kita juga akan memimpin KTT ASEAN-Jepang, serta menghadiri KTT AZEC (ASEAN Zero Emission Community),” jelasnya.