Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Mengapa KPU Mengganti Panelis Debat Cawapres?

Ketua KPU Hasyim Asyari bersama Anggota KPU Mochamad Afifuddin (kiri), Yulianto Sudrajat (kedua kiri) dan August Mellaz (kanan) dalam rapat tertutup dengan timses Capres-Cawapres Pilpres 2024 di Gedung KPU, Rabu (6/12/2023). FOTO/MPI/ARIF JULIANTO

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengubah jajaran panelis dalam debat Pilpres 2024 kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 mendatang. KPU mengklaim perubahan panelis mengikuti tema debat.

“Ya tentu (panelis) berubah, berbeda begini, karena kan isunya berubah,” ucap Komisioner KPU August Mellaz, Jumat (15/15/2023).

Namun, KPU belum mengumumkan siapa saja nama-nama yang akan dipilih untuk menjadi panelis debat PIlpres 2024 kedua. Ia hanya menjelaskan bahwa panelis akan dikarantina dua hari sebelum pelaksanaan debat, seperti yang dilakukan pada debat perdana waktu itu.

“Belum, nanti segera kita putuskan, gini kalau kami punya timeline, misalnya kalau kita ngukur tanggal 22 Desember pelaksanaan untuk debatnya maka kalau lihat pola kemarin, paling tidak dua hari sebelumnya panelis karantina kan begitu,” katanya.

Untuk diketahui, KPU menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024. Berikut jadwal debat Capres dan Cawapres:

Debat pertama berlangsung pada 12 Desember 2023 dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga. Debat ini menjadi porsi capres.
Debat kedua berlangsung pada 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional. Debat kedua menjadi porsi cawapres.
Debat ketiga berlangsung pada 7 Januari 2024 dengan tema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN serta APBD, dan Infrastruktur. Debat kedua menjadi porsi capres.