Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

KPU Harap Sediakan Fasilitas Khusus untuk Disabilitas di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Capres Nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo, telah mendengarkan aspirasi terkait kesetaraan hak politik kaum disabilitas pada hari Minggu (3/12/23) pagi. Hal ini terkait dengan aksesibilitas sarana dan prasarana penyelenggaraan pemilu. Pertemuan tersebut berlangsung di Graha Futsal, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu peserta disabilitas bernama Zainal Abidin (50) dari Lombok Barat mengungkapkan kesulitan para disabilitas untuk mengakses bilik suara pada saat pemilihan umum di tempat pemungutan suara (TPS). Ganjar Pranowo kemudian merespons permasalahan yang disampaikan oleh mereka, bahwa disabilitas harus berperan aktif dalam sistem pemilu dan memperoleh aksesibilitas yang mudah dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Ganjar Pranowo kemudian meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyediakan ruang bilik suara inklusif di setiap TPS sebagai bentuk mendorong partisipasi hak-hak berdemokrasi disabilitas, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 13 yang menjamin hak politik untuk Penyandang Disabilitas.

Ganjar juga memberikan ratusan kursi roda sebagai bentuk dukungan kepada penyandang disabilitas dan diberikan lukisan oleh seniman bernama Mantra berjudul ‘potret diri’ dengan latar belakang merah putih.

Sumber: https://www.sindonews.com/topic/17/ganjar-pranowo

Exit mobile version