Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Joni Supriyanto, Mantan Kabais TNI, Bergabung dengan Tim TPN Ganjar-Mahfud untuk Memperkuat Posisi

Mantan Kabais TNI Letjen (Purn) Joni Supriyanto dan sejumlah purnawirawan bintang 3 secara resmi bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Bergabungnya para mantan tentara ini diumumkan langsung oleh Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid di Gedung TPN, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/11/2023).

“Aku ingin memperkenalkan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI periode 2020-2022 Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto yang terlibat dalam memperjuangkan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud,” kata Arsjad dalam konferensi pers di Gedung TPN.

Joni Supriyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1986 yang memiliki karier panjang di TNI. Jabatan terakhir Joni Supriyanto adalah Kabais TNI dari tahun 2020 hingga 2022. Sebelumnya, Joni juga menjabat sebagai Wakil Kabais TNI tahun 2017-2018, Pangdam Jaya tahun 2018-2019, dan Kasum TNI tahun 2019-2020.

“Pak Joni akan memperkuat tim pemenangan Ganjar-Mahfud sebagai wakil ketua bersama dengan wakil ketua lainnya,” ungkap Arsjad.

Selain Joni, beberapa jenderal TNI purnawirawan juga bergabung dengan TPN Ganjar-Mahfud. Di antaranya adalah Laksamana Madya TNI (Purn) Desi Albert Mamahit dan Marsekal Madya TNI (Purn) Tatang Harlyansyah. Desi dan Tatang juga menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.

Desi Albert Mamahit adalah mantan perwira tinggi TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1984. Dalam kariernya, Desi pernah menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Mei 2015. Selain itu, Desi juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) dan menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Danseskoal) pada tahun 2013.