Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Pemeriksaan Saldi Isra, Hakim Konstitusi, Dilakukan oleh MKMK pada Hari Ini

Komisi Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah menjadwalkan pemeriksaan Hakim Konstitusi Saldi Isra pada hari ini, Rabu (1/11/2023). Saldi Isra akan diperiksa terkait putusan batasan usia calon presiden-wakil presiden. Selain Saldi Isra, MKMK juga akan memeriksa dua hakim lainnya, yaitu Manahan MP Sitompul dan Suhartoyo.

Ketua MKMK Jimly Ashiddiqie mengatakan bahwa ketiga hakim akan diperiksa, namun tidak merinci substansi pertanyaan yang akan diajukan kepada mereka. Saldi Isra sebelumnya telah dilaporkan atas dugaan pelanggaran etik karena memberikan pendapat yang berisi aspek nonyuridis.

Jimly menjelaskan bahwa substansi pemeriksaan terhadap hakim-hakim tersebut akan menjadi pertimbangan dalam putusan MKMK. Selain itu, mereka juga diperbolehkan untuk mengungkapkan curhatan mereka terkait tuduhan kode etik yang dialamatkan kepada mereka.

MKMK sedang memeriksa hakim konstitusi terkait dugaan pelanggaran etik dalam putusan batasan usia capres cawapres. MKMK menyatakan bahwa sanksi kode etik bisa berupa teguran hingga pemecatan. Bentuk pemecatan tersebut bisa berupa pemecatan dengan atau tanpa hormat.

Jimly menambahkan bahwa pemberhentian juga dapat dilakukan baik sebagai anggota maupun sebagai ketua, tergantung pada kasusnya.

(jon)