Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Negara Perlu Mendukung Inovasi dan Penelitian untuk Mengembangkan Teknologi Digital

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Negara memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah dengan menciptakan kebijakan yang mendukung inovasi dan penelitian. Saat ini, teknologi digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, baik dalam skala individu maupun dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Dari sini dapat kita amati bahwa teknologi digital telah menjadi pilar penting dalam kemajuan suatu bangsa di era globalisasi,” ujar Dary dalam keterangan resminya, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Dary, negara yang mampu mengembangkan teknologi digital secara mandiri dan memanfaatkannya dengan baik akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan. Oleh karena itu, peran negara dalam mendukung pengembangan teknologi digital di berbagai sektor kehidupan sangatlah penting.

Dary juga menekankan bahwa salah satu peran utama negara dalam pengembangan teknologi digital adalah melalui penciptaan kebijakan yang mendukung inovasi dan penelitian. Negara dapat memberikan insentif, subsidi, atau dana penelitian kepada lembaga pendidikan, lembaga riset, dan industri untuk mendorong penemuan-penemuan baru dan pengembangan teknologi inovatif.

“Para peneliti dan inovator akan merasa didorong untuk terus mengembangkan ide-ide brilian mereka ketika ada kebijakan yang mendukung,” kata Dary.

Selain itu, Dary juga menyebutkan bahwa negara perlu memastikan infrastruktur teknologi yang memadai, seperti jaringan internet yang cepat, aksesibilitas terhadap perangkat teknologi, dan layanan publik berbasis teknologi. Ini penting untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi digital.

Negara juga perlu berinvestasi dalam infrastruktur teknologi dan bekerja sama dengan pihak swasta untuk tidak tertinggal dalam persaingan global. Kemudian, negara juga memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan startup dan industri teknologi dengan memberikan fasilitas dan dukungan kepada para pelaku industri teknologi.

Selain itu, negara juga harus mengatur dan mengawasi perkembangan teknologi untuk memastikan pemanfaatannya tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Regulasi yang jelas diperlukan untuk mengatur penggunaan teknologi secara etis dan bertanggung jawab serta memastikan perlindungan data pribadi dan keamanan cyber bagi warganya.

Artikel asli dapat dibaca di https://rejabar.republika.co.id/berita/sbuv41512/kembangkan-teknologi-digital-negara-harus-dukung-inovasi-dan-penelitian

Source link