Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Penumpang Dapat Tenang Tanpa Tiket Kapal yang Hilang

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi, meminta pemudik tidak perlu khawatir tiket kapal penyeberangan Sumatera – Jawa hangus pada puncak arus balik Lebaran 2024. Sebab ASDP telah menghapus pemberlakuan kedaluwarsa tiket.

Ira menjelaskan bahwa pada puncak arus balik Lebaran 2024, ASDP telah menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam sejak waktu masuk pelabuhan. Kebijakan ini berlaku selama periode arus balik Lebaran pada 11 hingga 21 April 2024.

Ira juga mengimbau seluruh pengguna jasa untuk melakukan pembelian tiket secara mandiri secara online dengan pengisian data manifest secara lengkap dan tepat guna menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam perjalanan.

Pemerintah dan stakeholders juga telah mengambil langkah-langkah mitigasi antrean kendaraan di momen arus balik Lebaran 2024. Salah satunya adalah dengan melakukan rekayasa pengoperasian kapal.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemerintah telah melakukan improvement dengan menambah jumlah trip kapal yang beroperasi dari 131 menjadi 146 trip. Selain itu, war room juga disediakan di mana semua stakeholder hadir untuk memantau keberangkatan kapal.

Perubahan yang dilakukan juga mencakup waktu keberangkatan kapal yang harus dilakukan dalam batas waktu tertentu tanpa adanya delay yang signifikan.