Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Kolaborasi Prabowo Subianto dan Raja Yordania untuk Mengirim Bantuan RI ke Gaza melalui Udara oleh TNI

Kolaborasi Prabowo Subianto dan Raja Yordania untuk Mengirim Bantuan RI ke Gaza melalui Udara oleh TNI

Jakarta – Pesawat TNI AU Super Hercules C-130 (A-1340) berhasil melakukan penyaluran bantuan melalui udara (air dropping) dari RI ke Gaza, Palestina, Selasa (9/4). Misi ini merupakan kolaborasi antara TNI dan tentara Royal Jordanian Air Force (RJAF) yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Raja Yordania Abdullah II.

Sebanyak 20 paket bantuan yang dikirim berupa makanan, air mineral, dan obat-obatan dengan berat masing-masing 100 kg. Bantuan tersebut diangkut dari King Abdullah II Airbase Airport di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB), kemudian dikirimkan ke Gaza melalui metode penerjunan low cost low altitude (LCLA) di titik penerjunan bagian selatan (south dropping zone) di Gaza, pada pukul 16.50 WIB.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini,” kata Komandan Satgas (Dansatgas) Misi Pengiriman Bantuan Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Penurunan bantuan dari ketinggian tersebut adalah realisasi dari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Madiun, Jumat (8/3) sebelumnya. Saat itu, Jokowi menyebut Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan untuk memberikan bantuan ke Gaza melalui udara.

Kolaborasi antara Indonesia dan Yordania dimulai saat Prabowo berkomunikasi dengan Abdullah II melalui telepon, pada Selasa (12/3). Prabowo saat itu menyampaikan keinginan Jokowi agar Indonesia bisa mengirimkan bantuan langsung ke Gaza.

Kemudian, permintaan tersebut direspons oleh Abdullah II dengan mengirim Duta Besar Yordania untuk Indonesia Sudqi Al Omoush untuk bertemu dengan Prabowo di Kementerian Pertahanan, pada Kamis (21/3), dan mengundang langsung Indonesia untuk berpartisipasi dalam operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui udara.

“Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memperkuat perdamaian dunia, terutama di Timur Tengah, dan meningkatkan kerja sama bilateral untuk kesejahteraan bersama,” ujar Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, kerja sama antara TNI AU dan RJAF dilakukan untuk melakukan misi penyaluran bantuan ke Gaza melalui udara bersama. Pengiriman bantuan tersebut berangkat dari Jakarta, Jumat (29/3) dan diangkut terlebih dahulu ke Yordania, sebelum akhirnya diterjunkan dari ketinggian dengan pesawat Super Hercules C-130.

Persahabatan Prabowo dan Abdullah II sudah terjalin sejak lama, sejak Prabowo belajar di Fort Benning, salah satu lembaga pendidikan pasukan khusus militer terbaik di dunia, yang berlokasi di Amerika Serikat.

Indonesia terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina di forum internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Sebelumnya, pada Rabu (24/1) Jokowi bersama Prabowo menyerahkan secara simbolis pesawat Super Hercules C-130J-30 kepada TNI AU. Pesawat ini merupakan pesawat keempat dari total lima unit yang dipesan oleh Indonesia untuk memperkuat armada angkut udara.

Source link