Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Mantan Penyidik KPK Meminta Transparan Terkait Dugaan Pemerasan Oleh Jaksa

KPK sedang menyelidiki kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh oknum Jaksa KPK terhadap saksi. Diduga, pemerasan tersebut mencapai Rp3 miliar.

“Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap meminta lembaga antirasuah untuk transparan dalam mengusut dugaan pemerasan yang dilakukan oleh oknum jaksa terhadap saksi. Transparansi dalam penanganan kasus ini harus disampaikan ke masyarakat bagaimana progresnya, sekaligus asas kepastian hukum termasuk juga asas praduga tidak bersalah,” kata Yudi dalam keterangannya.

Yudi juga mendesak KPK agar segera mengungkap dugaan pemerasan tersebut. “Itu harus cepat dilakukan untuk disampaikan ke publik apakah benar atau tidak adanya dugaan pemerasan tersebut,” ujarnya.

Albertina Ho, Anggota Dewan Pengawas KPK, mengonfirmasi adanya laporan tersebut yang diterima oleh pihaknya. Laporan itu kemudian diproses sesuai prosedur operasional baku Dewas KPK dan diteruskan ke Deputi Penindakan dan Deputi Pencegahan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, juga menyatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus dugaan pemerasan tersebut. Mereka akan mengecek aduan dan hasil proses tindak lanjutnya di Dewan Pengawas KPK.

Ali menekankan pentingnya tetap menghormati proses yang sedang berlangsung dan tidak menggiring opini lainnya. Informasi mengenai aduan masih harus dibuktikan kebenaran substansinya.

KPK mengapresiasi setiap laporan masyarakat yang menjadi bagian dari kepedulian terhadap dugaan korupsi di sekitarnya. Mereka berkomitmen untuk melakukan pendalaman guna memastikan kebenaran informasi tersebut.