Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Dalam Forum Investasi, Presiden Jokowi Mengkritik Ketidakjelasan Dunia Sekarang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa keadaan dunia saat ini semakin tidak jelas. Tantangan yang dihadapi juga semakin bertambah. Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam forum investasi di kawasan Senayan, Jakarta, pada tanggal 24 Oktober 2023.

Jokowi menjelaskan bahwa perubahan iklim yang sebelumnya dianggap tidak masuk akal, kini menjadi nyata dan dirasakan oleh banyak negara. Kekeringan dan fenomena El Nino yang ekstrem juga turut dirasakan seluruh negara. Produksi beras turun hampir di semua negara dan 22 negara menghentikan ekspor beras. Hal-hal ini adalah kondisi yang sebelumnya tidak pernah terduga namun kini muncul.

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa pelemahan ekonomi global yang diperkirakan akan membaik tahun depan ternyata belum terjadi. Kebijakan Amerika Serikat yang menaikkan suku bunga dengan tinggi dan dalam jangka waktu lama juga semakin menyulitkan negara-negara berkembang. Selain itu, arus modal yang keluar dari negara-negara itu kembali ke Amerika Serikat, yang juga memperumit situasi di berbagai negara.

Jokowi juga menyinggung tentang konflik di Ukraina yang belum jelas kapan akan berakhir, serta konflik antara Hamas dan Israel. Seluruh negara saat ini menghadapi berbagai masalah karena bukan hanya perang di Israel dan Palestina saja, tetapi jika konflik meluas ke Lebanon, Suriah, dan bahkan Irak, maka akan semakin menyulitkan masalah ekonomi seluruh negara karena harga minyak pasti akan naik.

Demikianlah yang disampaikan Presiden Jokowi dalam forum investasi tersebut.