Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Purnawirawan Jenderal TNI George Toisutta

Purnawirawan Jenderal TNI George Toisutta

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

George Toisutta adalah lulusan Akademi Militer tahun 76. Ia berasal dari Maluku. Tubuhnya tinggi dan besar. Dia adalah seseorang yang besar dalam satuan lapangan dan satuan tempur yang membanggakan, termasuk Batalyon 744, yang terdiri dari putra-putra Timor Timur. Dari pangkat Letnan hingga Mayor, karier militernya dijalani di daerah-daerah sulit. Akhirnya, dia menjadi Pangdam di Papua, di Pangdam XVII/Trikora.

Pada tahun 2009, saya sangat senang ketika mendengar dia diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat. Saya anggap itu keputusan yang tepat dan terbaik oleh Presiden RI pada saat itu, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Saya terkesan bahwa setelah dia menjadi bintang 4, dia tidak lupa dengan sesama senior. Suatu saat, saya diundang ke Markas Besar Angkatan Darat. Saya diterima olehnya sebagai KASAD, dan dia didampingi oleh para asistennya.

Ketika saya masuk ke ruang KASAD, dia datang dan memeluk saya dengan kedua tangannya. Meskipun dia sangat besar, dia mengangkat saya sambil bicara keras-keras, “ini abang saya, ini abang saya.”

Saya terharu, meskipun dia telah mencapai pangkat dan jabatan puncak di TNI Angkatan Darat, dia masih menghormati dan memeluk saya. Dia mengumumkan kepada semua bahwa dia menganggap saya sebagai abangnya. Dia menceritakan, “ini dulu, ketika saya kesulitan, Mas Bowo lah yang memperhatikan saya dan membantu saya.”

“Saya dan istri tidak pernah lupa, Bang! Apa yang abang lakukan.” Saya terharu. Saya bangga karena adik saya berhasil berprestasi dan mencapai jabatan tertinggi. Mereka berhasil menyalip saya dalam karier, tetapi mereka tidak lupa asal-usulnya.

Karena itulah, sampai saat ini saya selalu berusaha mengingat dan menghormati semua guru, semua bekas komandan, dan semua saudara-saudara yang telah memengaruhi dan membentuk saya sebagai prajurit dan perwira TNI.

Sumber: https://prabowosubianto.com/jenderal-tni-purn-george-toisutta/

Source link