Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Irwanto, Lulusan Akademi Kepolisian 1992 yang Akan Diangkat Menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM

Irwanto, Lulusan Akademi Kepolisian 1992 yang Akan Diangkat Menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM

Irjen Pol Nico Afinta telah dimutasi dan akan dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham. Foto/Ist

JAKARTA – Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta telah dimutasi dan akan dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Irjen Nico dimutasi menjadi Sekjen Kemenkumham,” kata Menteri Kemenkumham Supratman Andi Agtas, Minggu (22/9/2024).

Supratman mengungkapkan bahwa Irjen Pol Nico Afinta akan menggantikan posisi Andap Budhi Revianto dan akan dilantik pada Selasa, 24 September 2024.

Irjen Pol Nico Afinta lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1992 dan sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Pada Oktober 2020, dia dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri setelah tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menewaskan 130 orang.

Selain itu, Irjen Nico juga pernah menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (STIK Lemdiklat) Polri pada tahun 2023 sebelum dimutasi menjadi Sekjen Kemenkumham pada tahun 2024.

Irjen Pol Nico Afinta telah mengemban berbagai jabatan strategis, seperti Kapolrestabes Medan Polda Sumut tahun 2013, Kabagbindik Sespimma Sespim Lemdiklat Polri tahun 2015, Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri tahun 2016, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya tahun 2016, Dirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2017, Karobinopsnal Bareskrim Polri 2018, hingga menjadi Sekjen Kemenkumham pada tahun 2024.

SINDOnews telah mencoba menghubungi Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu dan AS SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo terkait pelantikan Irjen Nico, namun keduanya belum memberikan respon hingga berita ini dipublikasikan.