Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Pengenalan Kopassus: Sejarah, Lambang, Struktur, Tugas, dan Gaji

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus adalah salah satu pasukan elit yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang terkenal dengan kemampuan bertempurnya. Pasukan yang dikenal dengan julukan Baret Merah ini dihormati baik di kalangan militer maupun non-militer. Ada beberapa informasi menarik terkait dengan Kopassus mulai dari sejarah, lambang, hingga gaji yang diterima anggotanya setiap bulan.

Sejarah Kopassus bermula dari upaya Kolonel AE Kawilarang, Panglima Tentara Teritorium III/Siliwangi, untuk menumpas pemberontakan RMS pada tahun 1950. Dari sinilah didirikan Kesatuan Komando Tentara Teritorium III/Siliwangi (Kesko TT) pada tanggal 16 April 1952 yang menjadi awal dari pembentukan Komando Pasukan Khusus. Dalam perkembangannya, satuan khusus ini mengalami beberapa perubahan hingga akhirnya menjadi Kopassus sejak 26 Desember 1986.

Lambang Kopassus terdiri dari Pisau Komando, sayap, jangkar, bingkai segi delapan, dan tulisan “Tribuana Chandraca Satya Dharma”. Setiap komponen lambang tersebut memiliki maknanya sendiri, di mana Pisau Komando melambangkan tugas di darat, jangkar melambangkan tugas di laut, sayap melambangkan tugas di udara, dan bingkai melambangkan ikatan jiwa Korps Kopassus.

Exit mobile version