Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Protes Mahasiswa dan Masyarakat Tolak RUU Pilkada Dengan Demonstrasi, Jokowi: Itu Bentuk Penyampaian Aspirasi

Presiden Jokowi merespons aksi demo mahasiswa dan masyarakat menolak RUU Pilkada di depan Gedung DPR, Jakarta, pada Kamis, 22 Agustus 2024. Jokowi menyambut baik demo tersebut sebagai salah satu bentuk penyampaian aspirasi. “Baik, itu baik. Itu penyampaian aspirasi dari rakyat, sangat baik,” kata Jokowi setelah menghadiri acara Kongres PAN ke-6 di Kempinski, Jakarta, pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Mahasiswa dan elemen masyarakat melakukan demo menolak RUU Pilkada di Gedung DPR, Jakarta Pusat. Mereka membakar ban dan poster serta mengajukan tuntutan mereka. Tuntutan mahasiswa tidak jauh berbeda dengan aspirasi dari para buruh, yaitu agar demokrasi di Indonesia ditegakkan.

Mahasiswa yang ikut demo berasal dari berbagai universitas di Jakarta. Mereka melakukan orasi bergiliran di atas mobil komando. Demo sempat memanas ketika anggota DPR Habiburokhman berbicara kepada massa bahwa tidak ada rapat pengesahan RUU Pilkada. Massa yang kecewa akhirnya melempari anggota DPR tersebut dengan botol mineral hingga anggota DPR tersebut kembali masuk ke dalam Gedung DPR.