Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

9 Acara Spektakuler di Jawa Tengah Berhasil Mengangkat Ekonomi dan Pariwisata

9 Acara Spektakuler di Jawa Tengah Berhasil Mengangkat Ekonomi dan Pariwisata

Loading…

Foto: Dok. Istimewa

SURAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mempromosikan kegiatan Sport Tourism Event (Specta) untuk meningkatkan ekonomi dan pariwisata di wilayahnya. Saat ini, sudah ada sembilan dari total 14 event Specta Jateng yang direncanakan pada tahun 2024.

Yang terbaru adalah acara Specta Jateng Combat Fest 2024 di Tirtonadi Convention Hall Solo, pada 24-26 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, Combat Fest 2024 merupakan event kesembilan dari Specta Jateng Sport Tourism. Tujuannya adalah untuk mengenalkan olahraga dan melibatkan masyarakat dalam aktivitas olahraga.

“Ini merupakan ajang pemanasan khususnya bagi atlet PON Jateng, kita bertujuan untuk meraih peringkat ketiga atau setidaknya peringkat empat di PON Aceh-Sumut nanti. Kami berharap dapat meningkatkan prestasi dari beberapa event ini,” kata Nana setelah membuka Specta Jateng Combat Fest 2024 di Tirtonadi Convention Hall, Kota Surakarta, Rabu, 24 Juli 2024 malam.

Sejak digelar pada awal tahun 2024, Specta Jateng Sport Tourism terbukti mampu meningkatkan kunjungan pariwisata dan perekonomian. Hal ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang dirilis pada awal Juli yang mencatat peningkatan tingkat hunian hotel pada bulan Mei 2024.

“Hotel-hotel mulai terisi karena kedatangan para atlet (peserta Specta Jateng) ke Jawa Tengah, termasuk di Surakarta dengan adanya event Combat Fest ini,” ujarnya.

Karena acara ini diikuti oleh 216 atlet dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Jawa Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, dan Kepulauan Riau.

Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata, 9 Even Specta Jateng Sukses Digelar

Mereka akan berkompetisi dalam tiga cabang olahraga (cabor) yaitu tinju (boxing), kick boxing, dan muay thai. Khusus untuk cabor muay Thai, terdapat satu peserta dari Irlandia.

Nana juga sempat menonton beberapa pertandingan pada hari pertama Combat Fest 2024. Salah satunya adalah pertandingan tinju antara Alpius Mufani melawan Gusti El Nino yang memperebutkan sabuk emas Pj Gubernur Jawa Tengah.

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Alpius Mufani dan berhak atas sabuk emas yang diserahkan langsung oleh Nana Sudjana.

“Tadi kami menonton pertandingan yang sangat seru. Ada pertandingan profesional, amatir, dan eksibisi,” jelas Nana.

Sebagai informasi, beberapa cabang olahraga yang sudah diselenggarakan dalam Specta Jateng 2024 antara lain Bola Voli, Tenis, Bulu Tangkis, Pingpong, e-sport Combat Fest, dan lainnya.

(unt)