Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Melihat Susunan Kabinet Prabowo-Gibran dengan Kehadiran 2 Wakil Menteri dari Partai Gerindra

Presiden Jokowi melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Maritim dan Investasi. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA – Dua politikus Partai Gerindra yakni Thomas Djiwandono telah dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II dan Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Keduanya menjadi anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kemungkinan hadirnya 2 Wamen jadi gambaran kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno melihat kehadiran Thomas dan Sudaryono memang dipersiapkan Prabowo. Hanya, apakah tetap menjadi Wamen atau Menteri itu hak prerogatif Prabowo sebagai Presiden terpilih 2024-2029.

“Jadi kalau per hari ini mereka tiba-tiba dilantik jadi Wamen tentu publik melihat ini sebagai upaya mempermudah peralihan politik dari Jokowi ke Prabowo,” ujarnya, Jumat (19/7/2024).

Adi menilai ada semacam orang-orang terdekat Prabowo tengah dipersiapkan untuk mengisi pos strategis di kabinet. Pos dimaksud adalah di bidang pangan dan postur anggaran yang menjadi concern pemerintahan ke depan.

Menurut dia, baik Thomas maupun Sudaryono memiliki portofolio di bidangnya masing-masing. Keduanya disebut tengah diospek untuk menjadi anggota kabinet, termasuk Wakil Menteri Maritim dan Investasi Yuliot meski berlatar belakang seorang birokrat.

“Sepertinya Prabowo dan Jokowi bersepakat untuk orang-orang terdekat. Prabowo yang mengetahui secara detail untuk isu-isu strategis soal isu pangan, keuangan, ekonomi plus investasi. Jadi sepertinya Prabowo yang akan dilantik 20 Oktober 2024 akan gaspol terutama di bidang investasi, kemudian soal keuangan, yang ketiga bidang pangan, ketahanan, serta swasembada pangan,” ungkapnya. (jon)