Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

KPK Belum Mengembalikan Sejumlah Barang Milik Hasto dan Asistennya yang Disita

Asisten Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi menyatakan bahwa barang miliknya dan Hasto yang disita oleh penyidik KPK belum dikembalikan hingga saat ini. Kejadian penyitaan tersebut terjadi ketika Kusnadi mendampingi Hasto saat menjalani pemeriksaan di KPK pada Senin, 10 Juni 2024.

Kusnadi mengungkapkan peristiwa tersebut saat melaporkan kejadian tersebut bersama dengan kuasa hukumnya ke Komnas HAM pada Rabu, 12 Juni 2024. Ia menjelaskan bahwa barang-barang yang disita oleh penyidik antara lain dua handphone milik Hasto, satu handphone miliknya, dan buku agenda DPP PDIP.

Kusnadi merasa terkecoh oleh penyidik KPK ketika ia dipanggil untuk bertemu dengan Hasto namun malah diinterogasi selama tiga jam dan dibentak oleh penyidik. Selain itu, ia juga ditanyai mengenai keberadaan Harun Masiku yang saat itu sedang dalam pengejaran penyidik KPK.

Sebelum melaporkan kejadian ini ke Komnas HAM, Kusnadi juga telah melaporkan peristiwa tersebut ke Dewan Pengawas KPK pada tanggal 11 Juni 2024. Dalam laporannya, Kusnadi menyebutkan bahwa penyidik KPK bernama Rossa Purbo Bekti diduga melakukan tindakan ilegal dengan menyita ponselnya dan Hasto serta buku partai yang berisi catatan pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dan Hasto.

Tindakan Kompol Rossa terhadap Kusnadi yang melakukan penyitaan dan penggeledahan diduga melanggar Pasal 33 dan 39 KUHP.