Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Dr. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto Ditetapkan Sebagai Ketua Kehormatan Kongres IV KAI di Solo

Dr. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto Ditetapkan Sebagai Ketua Kehormatan Kongres IV KAI di Solo

Kongres Advokat Indonesia (KAI) memutuskan untuk mengaktifkan jabatan Ketua Kehormatan pada Kongres IV KAI 2024. Jabatan Ketua Kehormatan di KAI pernah diisi oleh Advokat Adnan Buyung Nasution semasa hidup.

“Setelah Bang Buyung wafat, jabatan ini dinonaktifkan, saat ini kita akan aktifkan kembali dan sidang kongres memutuskan diisi oleh Dr. Tjoetjoe sebagai Presiden KAI yang mengundurkan diri,” kata pimpinan sidang Kongres IV KAI Adv. Aldwin Rahadian.

Aldwin menjelaskan Ketua Kehormatan merupakan jabatan yang diberikan sebagai rasa hormat kepada tokoh yang berjasa besar kepada organisasi.

“Sesudah kepergian Bang Buyung, tidak ada yang menempati posisi ini, sebagai bentuk penghargaan organisasi terhadap presiden yang mengundurkan diri yang telah berjuang untuk organisasi, maka anggota Kongres memberikan kehormatan kepada Dr. Tjoetjoe sebagai Ketua Kehormatan,” katanya.

Sidang Kongres IV KAI menjelaskan Ketua Kehormatan merupakan struktur organisasi yang bertugas memberikan rekomendasi dan saran kepada Presidium DPP KAI. “Ketua Kehormatan adalah Pemangku Kehormatan KAI,” kata Aldwin merujuk kepada Anggaran Dasar KAI yang baru disahkan pada Kongres Nasional Luar Biasa (KNLB) KAI.

Selain menetapkan Ketua Kehormatan, Kongres Advokat Indonesia juga menetapkan beberapa hal penting, seperti mengganti sistem kepemimpinan dari model presidensil ke model presidium.

Kongres IV KAI yang diadakan pada 7-8 Juni 2024 di Edutorium UMS Surakarta, Jawa Tengah turut dihadiri oleh tamu-tamu undangan seperti Sekda Jawa Tengah, ICJR, LPSK, dekan FH beberapa kampus, dan para jenderal purnawirawan Polri. Di KAI sendiri banyak purnawirawan jenderal polisi yang menjadi advokat.