Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Kapolri Lepas Mudik Gratis Polri Presisi ke 4 Provinsi Sesuai Arahan Presiden

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melepaskan keberangkatan mudik gratis Polri Presisi Tahun 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024). Sebanyak 20 ribu pemudik menuju empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur diberangkatkan dari Monas pada hari itu.

Sigit menyatakan bahwa program mudik gratis Polri Presisi adalah tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar pelaksanaan mudik tahun ini berjalan aman dan lancar. “Hari ini kami dari kepolisian dan dari kementerian atau lembaga lainnya melaksanakan hal yang sama, yaitu mudik gratis,” ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan bahwa program mudik gratis Polri Presisi tahun ini dilaksanakan di 17 provinsi secara bersamaan dengan jumlah penumpang mudik sebanyak 58 ribu dan menggunakan 1.117 kendaraan.

Lebih lanjut, Sigit menyebut bahwa dirinya bersama Menteri Perhubungan (Menhub) dan Panglima TNI melakukan pengecekan terhadap keselamatan dan keamanan baik pengemudi maupun penumpang. “Sebelum berangkat, dilakukan pengecekan bebas narkoba, alkohol, dan pemeriksaan kesehatan. Semua untuk memastikan bahwa saat membawa kendaraan, semuanya dalam keadaan sehat. Kami berharap mudik kali ini juga lancar dan cepat sampai tujuan masing-masing,” jelas Sigit.

Para peserta program mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 telah mendaftar baik secara online maupun langsung ke Kantor Samsat. Sigit mengungkapkan bahwa pendaftaran online untuk mudik gratis ini langsung penuh ketika dibuka, karena banyaknya minat masyarakat untuk mengikuti program tersebut.

Oleh karena itu, Sigit menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk membahas penambahan kuota mudik gratis bagi masyarakat. “Kita akan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait. Mudah-mudahan masih ada slot kosong. Kita berharap semua bisa terlayani dengan baik, untuk mengurangi beban masyarakat, terutama bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi,” tutup Sigit.