Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Marsdya Andyawan Martono Putra, Alumni AAU 1989 yang Berpotensi Menjadi KSAU

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Andyawan Martono Putra ditugaskan sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) sejak 17 November 2023 lalu. Ia menggantikan Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman yang telah memasuki masa pensiun.

Mutasi dan promosi ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 tertanggal 17 November 2023. Sebanyak 60 Perwira Tinggi (Pati) TNI mengalami mutasi dan promosi sesuai SK tersebut, dengan rincian 25 dari Angkatan Darat, 10 dari Angkatan Laut, dan 25 dari Angkatan Udara. Salah satunya adalah Marsdya Andyawan Martono Putra yang sekarang menempati posisi Wakil Kepala Staf Angkatan Udara.

Andyawan juga tengah menjadi kandidat kuat untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan pensiun pada bulan April. Andyawan adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989 dan memiliki sejarah karier yang panjang dalam militer.

Sebelumnya, Andyawan telah menjabat berbagai posisi penting seperti Perwira Penerbang Skadron Udara 3, Kasi Ops Skadron Udara 3, Instruktur Penerbang Skadik 104, Danflight Ops B Skadron Udara 3, Kadisops Skadron Udara 3, Danskadron Udara 3, dan berbagai jabatan lainnya. Karier militernya telah membawanya melalui berbagai posisi strategis dalam Angkatan Udara.

Dengan pengalaman dan prestasinya selama bertahun-tahun, Andyawan Martono Putra adalah sosok yang diharapkan dapat membawa kemajuan bagi TNI Angkatan Udara ke depannya.