Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Partai Mendukung Persiapan Naskah Akademis dan Dukungan Fraksi

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa PDIP sedang mendorong naskah akademis hak angket DPR RI untuk menyelidiki kejanggalan dalam Pemilu 2024. Ganjar juga menyatakan bahwa partainya sedang mendorong para anggota fraksi untuk mendukung angket DPR.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar saat membuka diskusi “Demos Festival bertajuk Omon-Omon Soal Oposisi” secara virtual pada Sabtu (9/3/2024) pagi. Ganjar meyakini bahwa ruang politik dapat mengungkap keanehan dalam Pilpres 2024 melalui hak konstitusional DPR yaitu hak angket.

Meskipun demikian, Ganjar memperkirakan bahwa dinamika angket DPR RI akan menarik, seperti yang terlihat dari Rapat Paripurna pembukaan masa sidang DPR RI pada Selasa (5/3/2024). Meskipun dorongan angket DPR RI sudah disampaikan oleh sejumlah anggota fraksi lintas partai, Ganjar mengatakan bahwa PDIP akan fokus pada persiapan naskah akademis dan mendukung angket DPR RI.

Beberapa anggota DPR telah mendorong agar DPR RI mengeluarkan hak angket terkait Pemilu 2024, seperti yang terlihat dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa (5/3/2024). Fraksi PKS dan Fraksi PKB, yang merupakan partai pendukung AMIN, adalah dua fraksi DPR RI yang telah mengajukan angket DPR RI terkait Pemilu 2024.