Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Kini Jenderal Bintang 4 Kehormatan: Ada yang Menjadi Menteri dan Presiden

Kini Jenderal Bintang 4 Kehormatan: Ada yang Menjadi Menteri dan Presiden

loading…
Presiden Jokowi memberikan Gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Foto/MPI

JAKARTA – Ada delapan tokoh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diberi Gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan (HOR). Mereka naik pangkat satu tingkat dari pangkat terakhir yang mereka miliki menjadi Jenderal TNI Bintang 4.

Penganugerahan Gelar Jenderal Kehormatan diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan. Dalam UU tersebut, tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas berbagai jasa dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan Gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu, 28 Februari 2024.

Sampai saat ini, sudah delapan tokoh TNI yang mendapatkan Gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan. Siapa saja mereka dan bagaimana nasib mereka saat ini? Berikut ini ulasannya.

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja

Alumni Akademi Militer (Akmil) 1962 dari kesatuan Infanteri dengan predikat Garuda Yaksa, yang merupakan prestasi tertinggi bidang fisik, mental, dan akademik. Ia mendapat Gelar Jenderal Kehormatan pada 1 November 2000.

Soerjadi Soedirdra merupakan satu-satunya perwira tinggi yang menerima gelar kehormatan dua kali. Pertama, pangkat Letnan Jenderal Kehormatan pada 1 September 1997, di akhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kedua, Jenderal Bintang 4 Kehormatan pada 1 November 2000 saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan.

Selama hidupnya, Soerjadi Soerdidja pernah menjabat dalam beberapa posisi strategis, antara lain sebagai Kepala Staf Brigif 15/Kujang II, Komandan Brigif 15/Kujang II, Danrem 064/Maulana Yusuf, kemudian Kasdam IV/Diponegoro, Pangdam Jaya pada 1988–1990.

Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Asisten Sospol ABRI, Gubernur DKI Jakarta pada periode 1992–1997, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan (2000). Pria kelahiran Jakarta 11 Oktober 1938 ini meninggal dunia di RS Mayapada, Jakarta pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Deretan Jenderal Bintang 4 Kehormatan, Nasib Terkini Ada yang Jadi Menteri dan Presiden

2. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno

Abiturien Akmil 1967 dari kesatuan Infanteri ini juga merupakan salah satu tokoh TNI yang mendapatkan Gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan bersama-sama dengan Jenderal TNI (HOR) (Purn) A.M Hendropriyono. Gelar tersebut diberikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 1 Oktober 2004.

Hari Sabarno, yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 12 Agustus 1944, juga pernah menjabat dalam beberapa posisi strategis baik di institusi militer maupun dalam jabatan sipil. Di antaranya, Danyonif 320/Badak Putih, Dandim 0606/Kota Bogor, Danrem 063/Sunan Gunung Jati.