Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

CSIS Mengonfirmasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Menang dalam Satu Putaran Quick Count: Demokrasi Tetap Pilihan Terbaik

CSIS Mengonfirmasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Menang dalam Satu Putaran Quick Count: Demokrasi Tetap Pilihan Terbaik

Jakarta – Hasil Pemilu 2024 versi quick count beberapa lembaga menunjukkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang. Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bahkan memastikan bahwa kemenangan tersebut bisa diraih dalam satu putaran.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, mengatakan bahwa kemenangan tersebut sebenarnya sudah diprediksi melihat dari tren elektabilitas Prabowo-Gibran yang terus meningkat menjelang Pemilu 2024. Hasil quick count dari beberapa lembaga survei juga menunjukkan keunggulan pasangan calon tersebut.

“Hasil quick count dari sejumlah lembaga survei mengonfirmasi kemenangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sekitar 57-58 persen,” kata Arya dalam keterangannya pada Rabu (21/2).

Selain memenangkan Pilpres, Arya juga menyebut bahwa angka kemenangan pasangan tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan angka kemenangan capres-cawapres di era sebelumnya.

“Dengan angka tersebut, hampir dapat dipastikan bahwa pemilu presiden akan berlangsung dalam satu putaran. Rekor ini berhasil melampaui pencapaian Presiden Joko Widodo sebesar 55,50 pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019,” jelas Arya.

Berdasarkan perkiraan hasil quick count dari CSIS bersama Cyrus Network (CN), suara untuk Prabowo-Gibran hampir memimpin di seluruh wilayah Indonesia. Dukungan untuk pasangan tersebut juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan lainnya. Arya menyebut bahwa capaian ini telah memenuhi syarat kemenangan dalam Pilpres yang diatur dalam Pasal 6 (3) Undang-Undang Dasar 1945.

Lebih lanjut, Arya menjelaskan bahwa kemenangan Prabowo-Gibran dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk angka split-ticket voting dari pendukung partai koalisi Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Selain itu, persepsi positif masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan situasi ekonomi yang baik juga turut menyumbang pada kemenangan pasangan tersebut.

“Kemenangan Prabowo-Gibran juga dipengaruhi oleh perubahan strategi kampanye yang melibatkan platform TikTok serta keterlibatan influencer berpengaruh. Konten-konten Prabowo yang diproduksi di TikTok seringkali menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang,” tambah Arya.

Meskipun demikian, potensi kemenangan Prabowo-Gibran sebenarnya sudah terdeteksi sejak awal, terutama dari hasil survei sejak November 2023. Dengan gap suara yang tinggi, menjadi sulit bagi pasangan calon lainnya untuk mengejar Prabowo-Gibran. CSIS memprediksi bahwa pemilu presiden kemungkinan besar akan berlangsung dalam satu putaran.

Source link

Exit mobile version