Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Letjen TNI Termuda yang Berasal dari Kopassus dan Meraih Posisi Abituren Akmil 1993

Upacara hari ulang tahun ke-75 TNI di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta, Senin (5/10/2020). Sejumlah tentara berpangkat Letnan Jenderal berasal dari Kopassus. FOTO/SINDOnews/EKO PURWANTO

JAKARTA – Sejumlah tentara berpangkat Letnan Jenderal TNI diketahui berasal dari Kopassus. Paling muda adalah lulusan Akmil 1993 yang baru berusia 53 tahun. Letnan Jenderal adalah salah satu pangkat TNI yang masuk kelompok Perwira Tinggi (Pati). Pangkat ini ditandai dengan 3 bintang di pundak seragam militer, lebih tinggi dari pangkat Mayor Jenderal/Mayjen (bintang 2) dan setingkat di bawah Jenderal TNI (bintang 4).

Saat ini, ada beberapa tentara berpangkat Letnan Jenderal TNI yang berasal dari Kopassus. Salah satunya adalah Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN). Cantiasa merupakan lulusan Akmil 1990 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Ada pula Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Lemhannas. Eko merupakan lulusan Akmil 1989 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Selain itu, terdapat pula Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, yang menjabat sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI). Bambang merupakan lulusan Akmil 1988 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Selain ketiganya, terdapat pula Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon yang saat ini aktif bertugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Richard merupakan lulusan Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Selain itu, ada juga Letnan Jenderal TNI Rudianto, lulusan Akmil 1989 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Rudianto saat ini menjabat sebagai Kabais TNI.

Exit mobile version