Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Nawawi Tegaskan Tidak Ada Debat atau Adu Program Ketika Undang 3 Capres ke KPK

Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango, menegaskan bahwa tidak ada debat dalam kegiatan pembekalan antikorupsi dalam undangan terhadap tiga capres di KPK. Ia menekankan bahwa kegiatan tersebut lebih memaparkan permasalahan yang dihadapi KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Nggak ada format seperti debat itu, kami pastikan itu tidak ada, juga bukan adu program,” ujar Nawawi saat konferensi pers Kinerja KPK 2023 dan Arah Kebijakan 2024 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

“Forum itu kita maksudkan, lembaga ingin menyampaikan kepada para calon ini problem apa saja hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya pemberantasan korupsi, dari kacamata lembaga ini sejumlah hambatan-hambatan itu, sejumlah persoalan itu lah kita hadapkan kepada mereka,” tambahnya.

Nawawi juga membocorkan salah satu permasalahan yang akan disampaikan kepada para calon besok, yakni perihal koordinasi dan supervisi penanganan tindak pidana korupsi.

“Iya, masih banyak sejumlah hambatan yang kita temui dalam pelaksanaan koordinasi dan supervisi penanganan perkara korupsi, itu yang besok kita angkat,” jelasnya.

Nawawi juga menyatakan bahwa pihaknya telah mendapat izin dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Sudah mendapatkan semacam restu dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan kegiatan ini, karena ketiga pasangan ini ada dalam domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang nggak boleh ya nggak boleh kita nggak bisa jalani. Cuman kita sudah mendapatkan lampu hijau untuk bisa dilaksanakan,” pungkasnya.