Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Ganjar Pranowo: Elektabilitas Saya Naik Tuh, Tanggapi Soal Survei

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menyatakan bahwa elektabilitasnya terus mengalami kenaikan. Menurut survei, elektabilitasnya bersama dengan Cawapres Mahfud MD juga terus meningkat.

“Survei saya naik tuh. Bahkan pakai sistem triangulasi, kriterianya kami masih kejar-kejaran antara dua kandidat, perbedaannya sekitar 2%,” ujar Ganjar di Jombang, Jumat (12/1/2024).

Ganjar menegaskan bahwa hasil survei dari berbagai lembaga akan dijadikan sebagai referensi dan menjadi catatan penting untuk diperhatikan. Ia juga menyebutkan bahwa wilayah Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Yogyakarta, dan Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah-daerah yang mendukungnya.

Pernyataan Ganjar didukung oleh Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid. Menurutnya, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dalam survei di wilayah Jateng dan Jatim.

Hasil survei dari Galidata menempatkan pasangan Ganjar-Mahfud di posisi teratas dengan perolehan 36,2%, mengungguli pasangan Prabowo-Gibran dan pasangan Anies-Muhaimin. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan 95%.

Secara nasional, elektabilitas Ganjar-Mahfud tertinggi, yakni sekitar 36,2%, disusul pasangan Prabowo-Gibran sebesar 33,3% dan Anies-Muhaimin 26,1%.