Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Manfaat Sumber Daya Manusia – prabowo2024.net

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Di samping kekayaan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki jumlah populasi yang besar, dimana sebagian besar berada dalam usia produktif saat ini.

Pada tahun 2022, usia median penduduk Indonesia adalah 29 tahun. Artinya, mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi muda yang penuh energi dan produktif.

Keberkahan lainnya adalah budaya yang menghargai institusi pernikahan dan keluarga. Meskipun pertumbuhan penduduk negara lain telah di bawah 1%, pertumbuhan penduduk Indonesia masih di atas 1% setiap tahun – tepatnya 1,08% per tahun.

Hal ini berarti bahwa dengan populasi 280 juta orang, setiap tahun penduduk bertambah 1,08%, atau sekitar 3 juta orang baru. Angka ini sama dengan pertambahan jumlah penduduk setara dengan tiga kota Bogor setiap tahun.

Meskipun demikian, seperti halnya negara-negara lain, pertumbuhan penduduk cenderung menurun seiring dengan peningkatan kesejahteraan suatu bangsa. Menurut Bappenas, laju pertumbuhan penduduk Indonesia diperkirakan akan turun menjadi 0,43% pada tahun 2045.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kita memiliki jumlah penduduk yang besar, dengan sebagian besar berusia produktif, waktu untuk mengoptimalkan potensi sumber daya manusia kita semakin terbatas. Kita perlu segera memanfaatkan potensi generasi muda sebelum kita menjadi bangsa dengan sebagian besar penduduknya lanjut usia seperti Jepang saat ini.

Exit mobile version