Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Tantangan Nasional yang Strategis – prabowo2024.net

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Beberapa tantangan besar spesifik yang dihadapi oleh bangsa Indonesia termasuk bonus demografi yang akan segera berakhir, kekayaan yang terus mengalir ke luar negeri, ekonomi yang belum adil, dan demokrasi yang masih dipengaruhi oleh kuasa uang.

Bonus demografi merupakan kekuatan bagi Indonesia karena mayoritas penduduk berusia produktif. Namun, dengan perlambatan pertumbuhan jumlah penduduk, usia median penduduk Indonesia tidak akan selamanya muda. Menurut Bappenas, dalam 13 tahun ke depan, usia median penduduk Indonesia akan menjadi lebih tua.

Sejarah ekonomi menunjukkan bahwa sulit bagi negara yang penduduknya sudah tua dan tidak produktif untuk menjadi kaya dan makmur. Saat ini, Indonesia masuk dalam kategori negara dengan pendapatan menengah dan memiliki tujuan untuk menjadi negara dengan pendapatan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendapatan per kapita dan per bulan harus meningkat secara signifikan.

Indonesia hanya memiliki 13 tahun untuk keluar dari perangkap negara menengah atau berisiko menjadi negara yang tua sebelum menjadi kaya, seperti yang dialami oleh Thailand. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus meningkat dengan cepat.

Sumber: Link sumber

Exit mobile version