Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Ashoka yang Agung – prabowo2024.net

Oleh Prabowo Subianto [diambil dari Buku 2 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto]

Ashoka yang Agung dikenal sebagai pemimpin yang toleran. Pemerintahannya terkenal karena mengutamakan dan menjalankan nilai-nilai kemanusiaan.

Ashoka Agung adalah seorang kaisar India dari Dinasti Maurya yang memerintah hampir seluruh sub-benua India dari 268 SM hingga 232 SM.

Ashoka adalah putra seorang kaisar dan sejak remaja, Ashoka dikenal memiliki kualitas kepemimpinan yang kuat. Bahkan ia pernah ditugaskan ke Pakistan untuk mengatasi pemberontakan.

Dia kemudian ditunjuk sebagai Raja Muda di India Tengah dan naik takhta setelah kematian ayahnya. Untuk mempertahankan kekuasaannya, Ashoka membunuh beberapa saudara laki-lakinya.

Selama 37 tahun memerintah, Ashoka memiliki kekuatan militer yang besar, dengan 600.000 tentara dan 9.000 gajah perang. Ia menaklukkan kerajaan-kerajaan di sekitarnya dan memperpanjang kekuasaannya ke wilayah Afghanistan hingga Bangladesh, serta menaklukkan seluruh sub-benua kecuali pulau besar Sri Lanka.

Meskipun awalnya dikenal temperamental dan suka perang, setelah mengalami pencerahan batin, Ashoka memeluk agama Buddha dan bersumpah untuk mengurangi pertumpahan darah.

Kekaisaran Ashoka kemudian dikenal karena toleransinya dan pemerintahannya yang selalu mengutamakan kemanusiaan. Ia juga mengajarkan ajaran yang menentang perang ke dalam ideologi politik yang disebut Dhamma.

Kisah perjalanan hidup Ashoka memulai sebagai pribadi yang keras dan kemudian menjadi pemimpin yang bijaksana, menjadikan dinastinya dikenal bukan hanya sebagai kekuatan besar, tetapi juga sebagai peradaban besar.

Sumber: PrabowoSubianto.com

Exit mobile version