Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya

Pembelian 24 Pesawat Tempur F-15EX Baru Dari AS untuk Memperkuat TNI, diakui Menhan Prabowo.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, telah memperkuat TNI melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) untuk komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat. Penandatanganan MoU dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri, dengan pihak Amerika Serikat memberikan kode khusus bagi Indonesia untuk penggunaan F-15EX, yaitu F-15IDN.

Sebelumnya, pada November 2022, Prabowo telah memastikan bahwa rencana pembelian jet tempur F-15 sedang dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. Menurut Prabowo, Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan diyakini paket itu terjangkau. Negosiasi juga telah berjalan dengan sangat baik.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15 dan peralatan terkait kepada RI pada Februari 2022. Pesawat tempur F-15EX yang dibuat oleh Boeing ini merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama beroperasi. Pesawat ini memiliki kemampuan muatan hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) dan kinerja mesin yang tinggi. Keseluruhan keunggulan ini menjadikan F-15EX sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serbaguna di dunia saat ini. (SENOPATI)

Sumber: kemhan.go.id (Source link: https://prabowosubianto.com/menhan-prabowo-perkuat-tni-melalui-pembelian-24-pesawat-tempur/)