Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Ganjar Ungkap Strategi Mendorong Peningkatan UMKM ke Level Lebih Tinggi yang Telah Terbukti di Jawa Tengah

loading…
Calon Presiden Nomor Urut 3 yang didukung oleh Partai Perindo, Ganjar Pranowo, mengungkapkan upaya yang pernah dilakukannya di Jawa Tengah untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) naik kelas. Ganjar menyebut ada beberapa masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM, mulai dari pengetahuan tentang produk, pengemasan, hingga pemasaran. Masalah akses permodalan juga sering menjadi kendala bagi pelaku UMKM.

“Gaya contohnya Bank Jateng setelah menurunkan suku bunga KUR. Kita buat skema-skema banyak,” ujar Ganjar dalam Dialog Apindo Capres 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Pertama, Ganjar menjalankan program Mitra Jateng 25. Program ini memberikan akses modal berupa pinjaman dengan nilai maksimal Rp25 juta untuk UMKM. Selanjutnya, ada kredit khusus untuk perempuan dengan besaran bunga sebesar 2% dalam satu tahun. Ganjar juga menyebut modal kerja harian dari UMKM berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp2 juta.

Kemudian, Ganjar juga melakukan pendampingan. Namun, menurutnya, program pendampingan sering kali kurang diperhatikan secara serius.

“Pendampingan, ini sering kali tidak dilakukan, pemerintah itu, ini otokritik buat saya sendiri waktu jadi gubernur biar enggak ada yang tersinggung, bahwa ketika mereka melatih, sebagai ASN dia merasa selesai tugasnya. Maka output-nya sudah bisa dilaporkan sudah selesai,” jelasnya.

Sayangnya, menurut Ganjar, hasil dari proses pelatihan tersebut memang tidak pernah bisa dihitung. Padahal Ganjar menilai hal tersebut sangatlah penting untuk membuktikan bahwa UMKM sudah naik kelas.

“Hasilnya tidak pernah bisa dihitung. Saya tagih, maka UMKM naik kelas itu mesti ditunjukkan,” pungkasnya.