Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Ganjar Sukses Menurunkan Bunga KUR Menjadi 7% hingga Diadopsi oleh Jokowi

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menceritakan pengalamannya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah yang berhasil menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 7%. Seperti diketahui, sebelumnya bunga kredit KUR untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencapai 12%. Ganjar mengatakan bahwa dengan level bunga 12%, UMKM di Jawa Tengah tidak akan bisa mengakses KUR dan akan mencari alternatif pinjaman lain seperti pinjaman online.

Ganjar memanggil Bank Jateng untuk menegosiasikan besaran bunga KUR. Setelah melakukan diskusi, bunga KUR berhasil diturunkan menjadi 6%, namun untuk mengamankan bank, bunga KUR UMKM ditetapkan sebesar 7%.

Bunga tersebut akhirnya turun menjadi 7%, setelah Ganjar bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya memiliki rencana menurunkan bunga KUR UMKM dari 12% ke 9%. Ganjar mengungkapkan bahwa pada saat itu bunga KUR sudah turun menjadi 7%, dan menjadi 6% setelah itu.

“Pada saat itulah (bunga) KUR turun menjadi 7%. Itu sejarahnya. Kemudian menjadi 6%. Artinya apa? Ketika kita melihat dinamika yang berubah, kita bisa mengikuti,” ungkap Ganjar.